Musashi Bukan Tokoh Fiktif

Musashi Bukan Tokoh Fiktif

6a00c2252c8168604a00e398e370aa0004-500pi

Musashi mungkin akan mengingatkan orang pada novel Shogun karya James Clavell yang filmnya juga telah beredar di sini. Ingitan ini tidak salah, mengingat saat berlangsungnya kedua kisah itu hampir bersamaan. Apalagi penerbit Kodansha International yang menerbitkan buku versi Inggris ini bersama Harper & Row pada tahun 1981 memang sedang dinaungi sukses besar novel Shogun, baik dalam bentuk buku maupun serial televisi. Musashi seakan merupakan jawaban Jepang terhadap Shogun dalam beberapa hal memang memanipulir sejarah.

Kedua novel ini sama-sama mengambil kisah sekitar akhir abad XVI dan awal abad XVII. Zaman dimana Tokugawa Ieyasu (tokoh ini dalam Shogun bernama Toranaga) mulai tampil menamcapkan pengaruhnya ke seluruh Jepang. Tokugawa kemudian dikenal berhasil membentuk dinasty yang memerintah Jepang selama dua setengah abad. Tokugawa dan intrik kelas atas Jepang menjadi inti cerita Shogun.

Ini berbeda dengan Musashi, tokoh kelas bawah yang mencari jati diri lewat pedang. Dengan kisah ini kita bisa melihat situasi sosial-politik budaya saat itu. Saat yang masih sangat berarti untuk orang jepang sendiri sekarang. Atau dalam kata-kata Edwin O. Reischauer, dubes Amerika di Jepang 1961-1966, ”Kisah ini memberikan kilasan sejarah Jepang dan pemahaman akan idealisasi citra diri manusia jepang masa kini”.

Umumnya orang menerima bahwa Musashi hidup antara 1584-1645. Jadi, dia memang bukan tokoh fiktif, seperti juga tokoh Takuan yang menjadi bapak rohani Musashi. Musashi hingga kini dikenal sebagai maestro samurai, sedangkan Takuan adalah pendeta besar Zen, ahli kaligrafi, pelukis, penyair, dan ahli upacara minum teh.

Judul : Musashi

Penulis : Eiji Yoshikawa

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Edisi : 6. 2007

One Response to “Musashi Bukan Tokoh Fiktif”

  1. dah moco berkali kali tapi blm nonton filmnya om, bisa dapat dari mana yo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: